Band Indonesia

28 08 2008

Siapa yang tak kenal dengan band yang satu ini

slank.jpg

Ku tak bisa jauh

Jauh dari mu

Band satu ini sudah dikenal di seluruh pelosok negeri. Kiprah mereka di blantika musik Indonesia tidak diragukan lagi. Entah berapa juta jumlah slankers di Indonesia ini. Belum lagi di luar negeri, termasuk diantaranya para TKI.

Tema lagu yang diusung Slank pun beragam: cinta, sosial, politik, budaya, dan sebagainya. Lirik lagu Slank dikenal sederhana, mudah dicerna, gampang diucapkan. Bahasanya? Bahasa anak muda, bahasa gaul, dan tidak sastrawi berat.

Tapi tahukah Anda? Bahwa ada satu kata yang tidak pernah diucapkan dalam lirik lagu-lagu Slank. Bukan kata-kata sastra, atau kata-kata aneh lainnya. Ini satu kata yang lazim diucapkan sehari-hari. Tapi mungkin tidak bagi Slank (atau mungkin bagi Anda). Setelah hampir duapuluh 20 tahun, setelah ratusan lagu tercipta, akhirnya satu kata itu diucapkan dalam pelafalan lirik lagu Slank.

Kata “tak” hadir pertama kali dalam lirik lagu Slank: pada lagu Ku Tak Bisa. Sebelum ini, kata “tak” tidak pernah dilafalkan dalam lirik lagu Slank, melainkan kata “enggak.” Benarkah itu?

Belakangan saya memang tidak se-sreg dulu terhadap Slank. Mungkin saya merasa, Slank sudah tidak se-idealis dulu. Bukan tidak idealis sama sekali, tapi kadar komersialis-nya lebih dibanding dulu. Dari segi musikalisasi pun demikian. Produk musiknya tak “se-lepas” dulu.

Karena saya pendengar dan penikmat musik Slank –sering melantukan lagu-lagunya- dari dulu hingga kini, maka saya tahu, kata “tak” pertama kali diucapkan dalam lirik lagu Slank adalah pada lagu Ku Tak Bisa. Mungkin Anda para Slankers ada yang tahu pasti kebenaran hal itu. Atau kalau Anda sempat, tolong konfirmasi ke Slank aja langsung.

Saya memang tidak pernah mengetahui persis kebenaran hal itu. Slank orbit di blantika musik Indonesia ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar (mungkin kelas 2 atau 3). Hingga saat ini pun saya sering mendengarkan dan mendendangkan lagu-lagu Slank. Ketika duduk dibangku SMA, sebagai “anak band,” kami juga memainkan lagu-lagu Slank. Bahkan semasa kuliah di Bandung, aku (bersama bandku, Pajifa) masih memainkan lagu Slank. Dan.. lagu Ku Tak Bisa menjadi satu-satunya lagu Slank yang dibawa manggung. Karena Pajifa memang tidak memainkan lagu-lagu Indonesia. Lantas bagaimana ceritanya lagu Ku Tak Bisa masuk dalam songlist Pajifa.

Ku Tak Bisa ketika itu sungguh membumi. Pertama kali Pajifa membawa Ku Tak Bisa pada acara kampus di suatu pub & café di Jalan Asia-Afrika, Bandung. Tanggapan audiens luar biasa. Semua bernyanyi, karena memang liriknya simpel, mudah lengket di otak.

Kali kedua Pajifa membawa Ku Tak Bisa, seingatku di Garut. Ketika itu ada festival band pelajar se-Kabupaten Garut. Pajifa –dan PHB (Pemuda Harapan Bangsa)- diundang sebagai guest star. Setelah kami memainkan beberapa lagu, penonton (pelajar SMA dan SMP) tampaknya tak bereaksi seperti yang diharapkan. Aku berinisiatif memainkan Ku Tak Bisa. Ketika lagu sebelumnya habis, langsung ku sambar dengan intro Ku Tak Bisa –aku keyboardist. Vokalis melirik ke arahku. Aku tahu, dia bertanya lagu apa yang akan dimainkan, karena intro Ku Tak Bisa sama dengan intro Look What You Have Done (Jet). Intro terpaksa ku perpanjang –improvise, karena vokalis baru ngeh bahwa lagu tersebut adalah Ku Tak Bisa. Dan pula, intro Ku Tak Bisa memang pendek. Akhirnya audien hanyut oleh Ku Tak Bisa, dan dapat kami pegang. Selanjutnya audien dibawa ke arah yang kami inginkan. Ku Tak Bisa kemudian dimasukkan dalam songlist Pajifa pada beberapa kesempatan manggung setelah itu.

(Foto: http://www.slank.com)


Actions

Information

One response

1 09 2008
beebill

saya setuju….
slank sekarang ga seidealis dulu…
ga ada suara lengkingan kaka atau power drum dari bim2,
mendingan pensiun aja deh daripada slankers kecewa….!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: