Motor

10 09 2008

MOTOR SPORT SEJATI

itom.jpg

Cagiva Mito 125 adalah motor sport sejati buatan Italy. Merupakan versi scale down dari Ducati 916, Mito yang artinya “Mitos” menggunakan mesin dua langkah berpendingin air. hampir semua fitur yang terdapat pada moge dapat ditemui pada Cagiva Mito. Mulai dari Sasis Alumunium Deltabox, lengan ayun pisang, suspensi depan upside down dari Marzzochi hingga rem cakram depan ukuran 320 mm dan rem cakram 180 mm dari Brembo merupakan fitur standar bagi Cagiva Mito. Meski hanya bermesin 125cc Cagiva Mito dapat menghasilkan tenaga 39 hp. Sehingga bobot 136kg dan ukuran ban 110/70×17 depan dan 150/60×17 belakang bukan menjadi beban bagi Mito namun justru mempermudah Mito dalam bermanuver. Sebagai tambahan, pada tahun 1995 ketika Cagiva masih aktif dalam Grand Prix Valentino Rossi merupakan pembalap yang menggunakan Cagiva Mito di kelas 125cc. Dengan tampilan seperti ini hampir tidak ada pemilik Mito di tanah air yang melakukan modifikasi radikal pada Cagiva Mito mereka. Bahkan banyak para modifikator yang melakukan modifikasi hanya untuk meniru tampilan Cagiva Mito 125.

Kekurangan sang Mitos

Segudang fitur yang dimiliki Mito bukan berarti Mito menjadi motor yang sempurna. Untuk penggunaan harian bisa dikatakan Mito mendapat nilai merah dalam setiap kategori. Diawali dari posisi mengemudi yang terlalu merunduk, sehingga membuat pengendaranya cepat pegal, sekalipun si pengendara telah terbiasa mengendari Mito. Sebelas dua belas dengan pengendara, pembonceng malah lebih sial, berbeda dengan jok tingkat seperti pada Ninja 150 RR, jok pembonceng pada Mito hanya merupakan plastik yang dilapisi busa setebal 4mm, tidak terbayang rasanya bila melakukan peralan jauh sebagai pembonceng di atas Mito.

Beralih kepada pengendaraan, slip kopling menjadi hal biasa bagi pengendara Mito apa bila terjebak dalam kemacetan sehingga meskipun dalam kondisi berhenti sering kali gigi Mito tidak bisa dinetralkan kecuali dalam kondisi mesin mati. Parahnya apabila pengendara sering menghidup – matikan mesin maka aki Cagiva Mito yang hanya 9v akan menjadi soak dan artinya pengendara harus bergaya seperti Valentino Rossi ketika ia berusaha menghidupkan motornya setelah terjatuh, karena Mito tidak memiliki kick starter. Bayangkan jika anda harus mendorong motor seberat 136kg di tengah kemacetan hanya untuk menghidupkan mesinya.

mimito.jpg

Kalau sudah demikian bagai mana dengan konsumsi BBM ? tidak perlu kuatir, konsumsi Mito yang “hanya” butuh satu liter pertamax plus untuk menempuh jarak 10,5 km menjadikan Mito motor paling boros di kelasnya. Kalau pun jalanan lancar dan anda tidak menggeber Mito maka konsumsi BBM dapat ditekan hingga 1 liter untuk 15 km.

Lalu kenapa membeli Mito?

Kecepatan dan kepuasan! karena umumnya pemilik Mito memiliki kendaraan lain entah kendaraan roda emat atau roda dua untuk dipakai sehari hari. Kesimpulanya adalah jika anda sudah memiliki kendaraan lain untuk di gunakan sehari hari dan anda merupakan pencinta kecepatan serta punya uang sekitar 59 juta rupiah, tidak ada salahnya anda mencoba memesan Cagiva Mito untuk dipakai bertualang di akhir pekan.

KLASIFIKASI MOTOR NASIONAL

xcd.jpg

Berbeda dengan standar internasional – Konsumen harus jeli agar tidak dibodohi ATPM

Berbeda dengan standard klasifikasi motor Internasional, di tanah air tidak terdapat pakem yang jelas mengenai klasifikasi motor. Tercatat hanya ada tiga jenis klasifikasi motor yang jadi patokan, yaitu Bebek, Skutik dan Sport. Namun sepertinya untuk jenis bebek dan skutik hampir semua pihak baik konsumen maupun Atpm memiliki kesepakatan mengenai klasifikasi motor tersebut. tetapi untuk kategori “sport” inilah yang sering membuat kerancuan maupun kebingungan di kalangan konsumen karena selama ini Atpm sepertinya berhak mengklaim bahwa produknya berjenis “Sport” meski semestinya hanya berjenis City Cruiser.

Pada dasarnya di Indonesia hanya terdapat dua kategori motor dengan 4 sub kategori dan 2 sub cabang kategori

Sports Bike : Artinya motor berkategori sport. Lebih mengutamakan performa ketibang kenyamanan. Ciri ciri motor Sport bike itu sendiri adalah : 1. Memiliki riding position membungkuk 2. Memiliki jok belakang bertingkat 3. Menggunakan fairing 4. Suspensi belakangnya menganut sistem monoshock. Di kelas Sportsbike itu sendiri di bagi dalam beberapa sub kelas diantaranya :

  1. Light Sportsbike (125cc-250cc) Umumnya motor yang bermain di kelas light sportsbike menggunakan konfigurasi mesin dua tak. Contoh motor di kelas ini adalah : Aprila RS 125/250, Cagiva Mito, Honda CBR 125/150 Kawasaki ZX 150/250 Yamaha YZ125R

Naked Bike : Mudahnya adalah motor yang tidak menggunakan fairing. Biasanya motor ini lebih menonjolkan mesin sebagai nilai estetika motor. Meski demikian motor naked bike belum tentu cocok digunakan sebagai motor harian. kelas Naked Bike terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  1. Street Fighter : Simpelnya motor di kelas ini adalah motor dari kelas Supersports dan Superbike namun tanpa menggunakan fairing. Hal lainya yang menjadi ciri kelas ini adalah memiliki tenaga besar di putaran menengah. Umumnya di gemari bikers yang menginginkan motor berperforma tinggi namun cukup nyaman untuk dipakai di jalan umum. Contoh motor Street Fighter adalah : Aprilia Tuono, Benelli TNT,Cagiva V Raptor, Ducati Monster, Mv Agusta Brutalle, KTM Super Duke

Road Bike : Didefinisikan sebagai motor harian dengan fitur serta performa standar. Digunakan sebagai sarana transportasi “titik” maupun untuk komuter. Motor jenis ini di bagi dalam beberapa jenis. Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu mengharapkan performa maupun sensasi berkendara pada motor jenis ini. Karena motor jenis ini diperuntukan untuk kendaraan komuter semata.

  1. Skuter : Diawali oleh piaggio dengan varian vespa, sekarang hampir setiap produsen motor memproduksi motor jenis ini. Umumnya memiliki transmisi otomatis sehingga amat cocok digunakan di dalam kota maupun menghadapi kemacetan. Contoh motor jenis skutik : Honda Vario, Gillera Runner, Suzuki Spin Suzuki Burgman, Yamaha Mio, Aprilia 125
  2. Stock Bike / City Cruiser : gabungan dari motor Naked bike dan Touring yang dirancang kembali untuk kebutuhan dalam kota. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efisiensi bbm dan penurunan performa. Contoh motor jenis ini adalah : Honda Tiger Revo, Bajaj Pulsar, Suzuki Thunder, Kawasaki Ninja 150, Yamaha RX King , V-Ixion
  1. Moped : Lebih dikenal sebagai bebek. Amat populer dinegara negara asia karena ukuran mesinya yang kompak serta lincah dalam bermanufer. Tetapi dibeberapa negara kapasitas maksimum mesin moped adalah 99cc, kontras dengan di Indonesia dimana moped memiliki mesin setara dengan motor jenis light sportsbike. Konon biasanya disebut bebek “jantan”
  • Moped Standar : Honda Supra Fit, Suzuki Smash, Yamaha Vega R, Kawasaki Blitz
  • Moped – light Sportsbike : Honda Nova Sonic 125, Suzuki Satria 150 FU, Yamaha Jupiter MX

Pengkategorian Amburadul Ala ATPM = Motor Sportbike

Dikatakan “amburadul” karena paling sering di temui ATPM seenaknya saja mengklaim bahwa jualanya adalah motor “Sportbike” padahal sebenarnya “City Cruiser” hal ini dikarenakan Atpm seringkali menganggap bahwa setiap motor memiliki tangki di tengah (lihat klaim Atpm pada produk seperti : Honda Mega Pro, Yamaha RX King hingga V-Ixion) mereka dengan mudah mengkategorika motornya sebagai “sportsbike” padahal justru produknya merupakan jenis “city cruiser” Hal ini dikarenakan dengan mengklaim produknya sebagai “sportbike” maka produknya memiliki nilai jual lebih dibanding produk ber kasta “Cruiser” untuk itu hendaknya konsumen dan bikers lebih jeli agar tidak mudah diperdaya oleh klaim asal asalan Atpm. Bravo Bikers Cerdas Indonesia

JAPANESE SPORTSBIKE

r1.jpgr6.jpgtzr50.jpg

Yamaha YZF R1 – 1000cc/Yamaha YZF R6 – 600cc/Yamaha TZR 50 – 50cc

zx634.jpgzx10.jpgzx12.jpg

Kawasaki Ninja 636 – 636cc /Kawasaki Ninja ZX10 – 1000cc /Kawasaki Ninja ZX 12 – 1200cc

gsx600.jpggesr750.jpggsxr1000.jpg

Suzuki GSXR 600 – 600cc /Suzuki GSXR 750 – 750cc /Suzuki GSXR 1000 – 1000cc

cbr-600rr.jpgcbr1000rr.jpghonda-fireblade-gp.jpg

Honda CBR 600 RR – 600cc /Honda CBR 1000 RR – 1000 cc /Honda CBR 1000 RR

AKIBAT ANCAMAN TEROR-RELI DAKAR 2008

isidreesteve.jpg

Pupus sudah melihat KTM Beraksi di medan Gurun tahun ini

Bagi sebagian orang reli Euromilhoes Dakkar 2008 merupakan ajang yang paling ditunggu. Apalagi bagi penggemar motor Trail Adventure dan pengendara KTM yang begitu identik dengan reli “gila” yang satu ini. Karena di medan inilah mereka bisa menyaksikan aksi spektakular motor dengan reabilitas super buatan Austria ini,

Tragedi Mauritania dan 4 wisatawan Prancis

Negara mauritania mungkin terdengar asing bagi kalangan awam, kalaupun ada mungkin negara ini hanya dikenal sebagai salah satu etape Dakar yang paling ganas atau sebagai negara leluhur Thierry Henry. Selebihnya mungkin kini kita tidak akan mendengar nama negara ini dimanapun juga. Tetapi setelah terbunuhnya 4 wisatawan Prancis desember kemarin sontak negara kecil ini menjadi topik pembicaraan berbagai pihak. Apalagi sekarang faktor terorisme di daerah ini yang membuat Amouri Sport Organization (ASO) dan panitia penyelenggara terpaksa membatalkan reli maut tahunan ini.

Bagi penggemar KTM masih ada Gp 125 dan 250

Beberapa tahun silam ajang reli Dakar merupakan satu satunya tempat dimana bisa melihat KTM beraksi dan berkompetisi. Namun pembatalan reli Dakar kali ini tidak serta merta menghilankan keikut sertaan KTM di ajang motor sport dunia. Di ajah yang lebih normal seperti Gran Prix 125 dan 250 kita masih bisa menyaksikan Hiroshi Aoryama dan kawan kawan untuk beraksi bersama KTM.

KLASIFIKASI JENIS MOTOR << INDOBIKERS

klasi.jpg

Sports Bike : Artinya motor berkategori sport. Lebih mengutamakan performa ketibang kenyamanan. Ciri ciri motor Sport bike itu sendiri adalah : 1. Memiliki riding position membungkuk 2. Memiliki jok belakang bertingkat 3. Menggunakan fairing 4. Suspensi belakangnya menganut sistem monoshock. Di kelas Sportsbike itu sendiri di bagi dalam beberapa sub kelas diantaranya :

  1. Light Sportsbike (125cc-250cc) Umumnya motor yang bermain di kelas light sportsbike menggunakan konfigurasi mesin dua tak. Contoh motor di kelas ini adalah : Aprila RS 125/250, Cagiva Mito, Honda CBR 125/150 Kawasaki ZX 150/250 Yamaha YZ125R
  2. Supersports (600cc -850cc) Kelas ini sulit dibedakan dengan kelas superbike, perbedaanya hanyalah pada kapasitas mesin dan jumlah silinder. Bila menggunakan 4 silider kapasitas maksimumnya adalah 600 dan bila menggunakan 2 silinder kapasitas maksimum mesinya adalah 850cc. Contoh motor di kelas ini adalah : Honda CBR 600RR, Kawasaki ZX 6, Suzuki GSX-R 600, Ducati Superbike 749/848, Mv Agusta F4, Yamaha R6
  3. Superbike (750cc-1200cc) Ini merupakan motor sport paling di top, karena memiliki kecepatan tinggi serta mampu bermanufer dengan baik. Bahkan di kelas diadakan kejuaraan dunia dengan nama WSBK. Contoh motor di kelas ini adalah : Aprilia RSV Mille, Bimota DB5, Ducati Superbike 999/1098, Kawasaki ZX 10, Suzuki GSX-R 1000, Honda CBR 1000 Fireblade, Mv Agusta Tamburini, Yamaha YZF R1
  4. Hypersports ( 1300cc plus) Merupakan motor dengan rancangan yang tidak lazim. Meski mendekati rancangan sport touring tetapi motor ini memiliki performa layaknya motor Superbike. Hanya ada dua motor yang tetap exis di kelas ini yaitu Suzuki Hayabusa K2 dan Kawasaki ZX 14

Naked Bike : Mudahnya adalah motor yang tidak menggunakan fairing. Biasanya motor ini lebih menonjolkan mesin sebagai nilai estetika motor. Meski demikian motor naked bike belum tentu cocok digunakan sebagai motor harian. kelas Naked Bike terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  1. Street Fighter : Simpelnya motor di kelas ini adalah motor dari kelas Supersports dan Superbike namun tanpa menggunakan fairing. Hal lainya yang menjadi ciri kelas ini adalah memiliki tenaga besar di putaran menengah. Umumnya di gemari bikers yang menginginkan motor berperforma tinggi namun cukup nyaman untuk dipakai di jalan umum. Contoh motor Street Fighter adalah : Aprilia Tuono, Benelli TNT,Cagiva V Raptor, Ducati Monster, Mv Agusta Brutalle, KTM Super Duke
  2. Muscle Bike : Mirip dengan mobil amerika dengan kategori Muscle Car, intinya mesin besar plus torsi besar, namun motor ini tidak se Sporty motor Street Fighter. Contoh motor Muscle Bike adalah : Buell Lightning, Honda Hornet, Moto Guzzi Breva, Suzuki Bandit/B-king, Confederate Wraith, Yamaha V-Max.

Touring Bike : Jenis motor yang dirancang untuk mengarungi perjalanan jauh dalam waktu yang lama. Ciri khas motor ini adalah ukuran dan kapasitas mesinya yang besar. Disamping itu riding positon motor touring sangat ergonomis dan nyaman. Biasanya motor ini memiliki kesetabilan melaju di lintasan yang lurus melebihi motor lainya.

  1. Grand Tourer : Adalah motor super besar dan wah. Berbagai fasilitas ditawarkan pada jenis motor ini sebagai piranti standar. Mulai dari Sat-Nav, Jok kulit yang lembut, Cd player, Radio, Air conditioner, Pemanas grip hingga elektronik pengatur winshield pun ada. Kapasitas motor grand tourer rata rata diatas 1000cc. Contoh motor jenis ini : BMW 1200Lt, Honda Gold Wing dan Yamaha FJR 1300
  2. Sport Touring : Adalah gabungan antara motor Sportsbike dengan motor Tourer. Motor jenis ini sangat populer bagi bikers yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh namun tidak ingin kehilangan sensasi mengendarai motor sportsbike. Memiliki performa mendekati Sportsbike di saat yang sama menawarkan fasilitas kenyamanan setara dengan motor Touring sejati. Contoh motor jenis ini : Ducati Sport Touring
  3. Adventure Touring : Motor jenis ini adalah motor Touring yang mampu melahap dua medan yang berbeda yaitu aspal maupun off road. Paling gampang untuk membedakanya adalah kapasitas mesin yang besar serta ground clearence yang tinggi. Contoh motor Adventure Touring adalah : KTM Duke 950, Ducati Multistrada, Triumph Tiger dan BMW R1200GS
  4. Cruiser : Umumnya klasifikasi motor jenis ini diperuntukan untuk motor jenis Chopper. Karena ciri ciri motor jenis ini adalah Retro Classic, memiliki torsi mesin yang melimpah (mirip muscle bike) dan kemampuan menarik beban besar. Biasanya motor jenis ini identik dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai dan bergaya Chopper. Motor jenis cruiser identik dengan produk Harley Davidson (Softail, Road King, V-Rod, Ultraglide, Electra Glide, Vrsc V-Rod, Nightster) tetapi ada juga produsen lain yang ikut memproduksi jenis motor ini yaitu : Suzuki Intruder 1800, Honda Magna/Valkyre, Kawasaki VN, Triumph Rocket III

Road Bike : Didefinisikan sebagai motor harian dengan fitur serta performa standar. Digunakan sebagai sarana transportasi “titik” maupun untuk komuter. Motor jenis ini di bagi dalam beberapa jenis. Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu mengharapkan performa maupun sensasi berkendara pada motor jenis ini. Karena motor jenis ini diperuntukan untuk kendaraan komuter semata.

  1. Skuter : Diawali oleh piaggio dengan varian vespa, sekarang hampir setiap produsen motor memproduksi motor jenis ini. Umumnya memiliki transmisi otomatis sehingga amat cocok digunakan di dalam kota maupun menghadapi kemacetan. Contoh motor jenis skutik : Honda Vario, Gillera Runner, Suzuki Burgman, Yamaha Mio, Aprilia 125
  2. Moped : Lebih dikenal sebagai bebek. Amat populer dinegara negara asia karena ukuran mesinya yang kompak serta lincah dalam bermanufer. Tetapi dibeberapa negara kapasitas maksimum mesin moped adalah 99cc, kontras dengan di Indonesia dimana moped memiliki mesin setara dengan motor jenis light sportsbike. Contoh motor moped : Honda Supra Fit, Suzuki Fu 150, Yamaha Jupiter MX, Kawasaki Kaze
  3. Stock Bike / City Cruiser : gabungan dari motor Naked bike dan Touring yang dirancang kembali untuk kebutuhan dalam kota. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efisiensi bbm dan penurunan performa. Contoh motor jenis ini adalah : Honda CB250, Bajaj Pulsar, Suzuki Thunder, Kawasaki ER5

Enduro Bike : Motor ini dikhususkan untuk berpetualang maupun melibas medan extrim. Ciri dari motor ini adalah bergaya motor trail – tinggi, monoshock serta memiliki torsi besar dan topspeed rendah. Produk motor jenis ini didominasi oleh produk buatan KTM Austria.

  1. Adventure Cruiser : Paling gampang mendeskripsikan motor ini adalah motor yang digunakan pada reli maut Euromiles Dakkar, Kapasitas mesin besar, ground clearence tinggi namun dimuati banyak piranti canggih dan mampu memuat banyak peralatan. Contohnya adalah : KTM Adventure 950, BMW K1200GS, Honda Afrika Twin, Cagiva Elefant/Grand Canyon, Aprilia Pegaso
  2. Super Moto : Motor ini adalah motor kombinasi antara motor Trail/Cross dengan motor Street Fighter namun di rancang ulang agar mampu bermanufer di sirkuit dan jalan raya. Untuk ajang balap di kelas ini mirip dengan sirkuit slalom berkonfigurasi 70% Aspal dan 30% tanah. Contoh motor jenis ini adalah : Ducati Hypermotard
  3. Motor Trail : Ingat bukan “Trial” karena motor ini biasanya digunakan dalam ajang X trem sport maupun kejuaraan motor cross. Kapasitas mesinya cuma dua jenis yaitu 125cc dan 250cc. Jenis mesin yang digunakan biasanya dua tak. Contoh motot jenis ini adalah : Suzuki RM250, Kawasaki KX dan Hyosung Bosowa
  4. ALTERNATIF MONSTER<< INDOBIKER
  5. ashiver.jpg

    Bicara Street Fighter Bicara Monster … Bosan ah ! Ada Shiver !!!

    Street Fighter, adalah motor Superbike yang di desain ulang agar bisa terlihat gagah tanpa menggunakan fairing. Ternyata bagi Aprilia mengandalkan Tuono saja terasa tidak cukup. Disamping memiliki performa terlalu extrem dan lumayan sulit bila digunakan sebagai kendaraan harian maka Aprilia kini menghadirkan Shiver.

    Desain Extrim nan Flexible

    Jika dilihat secara frontal depan, headlamp Aprilia Shiver sedangkan bila melihat dari samping maka kita akan teringat pada Cagiva Raptor. Bergerak ke bagian belakang rancangan knalpot sepertinya serupa dengan Bimota DB5 Delirio. Uniknya Aprilia Shiver meletakan suspensi monoshock di samping sebelah kanan. dengan posisi setengah tidur. Sehingga pengendalian Shiver begitu tajam.

    Performa Dahsyat Shiver

    Bayangkan mesin shiver yang berkapasitas 750cc ini berkonvigurasi V twin dan berpendingin air ini mampu memproduksi tenaga sebesar 95 hp pada 9000 rpm. Kecepatan maksimumnya di klaim 221 km/jam. Sebagai catatan Aprilia juga mengisyaratkan akan memproduksi Shiver berkapasitas 1200cc. Sepertinya tinggal menunggu waktu sampai terjadinya perang antara Aprilia Shiver 750 melawan Ducati Monster 696. Ingat keduanya adalah varian paling dasar dari keluarganya masing masing!


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: